Plafon SDN Tanggalrejo Mojoagung Ambruk

Kamis, 15 Maret 2012

Plafon SDN Tanggalrejo Ambruk
Kamis, 15 Maret 2012 07:03

djombang.com - Wajah dunia pendidikan memang harus kian diperhatikan. Tidak hanya soal kurikulum dan pembiayaan saja yang terus dibahas dalam meja rapat, tapi kebutuhan mendasar soal sarana fisik agaknya harus diupayakan dn diatasi secara cepat. Sebab disana sini masih banyak sarana fisik sekolah yang tidak memadai yang dapat mengancam keselamatan peserta didik.
Seperti yang terjadi kemarin, (14/03), plafon sebuah ruang di salah satu Sekolah Dasar Negeri di kota santri ambruk. Jebolnya atap plafon ruang di SD Tanggalrejo, Mojoagung ini diduga akibat bangunan yang sudah tua dan kayu lapuk. Beruntung saat kejadian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
Ruang guru dan kepala sekolah ini tiba-tiba ambruk dan berjatuhan tanpa ada angin. Sejumlah gurupun terpaksa mengeluarkan seluruh isi ruangan yang terkena plafon yang jatuh. Diduga ambuknya atap ruang guru ini karena kondisi kayu plafon sudah rusak dan lapuk. Apalagi sebelumnya di ruang kelas juga mengalami kejadian serupa.
Siti Nurhanik, Kepala SDN Tanggalrejo mengatakan kejadian ambruknya atap ini sebelum guru masuk ke ruang. "Saat dibersihkan tiba-tiba atap roboh dan mengenani seluruh isi ruangan. Ambruknya ruang guru ini bersamaan dengan kegiatan try out siswa untuk persiapan ujian nasional, "kata Nur kepada sejumlah wartawan.

Menanggapi peristiwa ini,  Muntholib, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang mengatakan tahun 2012 dan 2013 ini pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk membenahi sekolah yang rusak. "Termasuk SDN Tanggalrejo ini sudah dialokasikan dari dana alokasi khusus (DAK)  selama dua tahun ke depan seluruh sekolah rusak bisa tertangani,"ujar Muntholip serius.
Untuk mengurangi perasaan was-was para siswa selama belajar, pihak sekolah memasang bambu untuk menyangga plafon yang rusak dan rawan jatuh.

0 comments: